Breaking

Kementan Gencarkan Ekspor Beras Premium dan Khusus

Kementan Gencarkan Ekspor Beras Premium dan Khusus
Ekspor beras Indonesia kategori premium dan khusus meningkat tajam dalam kurun waktu empat tahun terakhir. Data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, volume ekspor beras kategori ini pada 2017 mencapai 3.433 ton.

Angka itu meningkat lebih dari 2.540 persen dibandingkan pada 2014 yang hanya sekitar 130 ton. Kementerian Pertanian ( Kementan) pun memperkirakan ekspor beras premium dan khusus akan kembali mengalami peningkatan.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Tanaman Pangan (Ditjen TP) Kementan, hingga Agustus lalu, volume ekspor beras kategori premium dan khusus sudah mencapai 3.069 ton.

Lebih lanjut, Gatut mengatakan, Kementan melalui Ditjen TP juga terus mendorong pengembangan beras premium maupun khusus melalui sejumlah program.

Di antaranya melalui penerapan teknologi untuk meningkatkan produktivitas, serta penyediaan alat dan mesin pertanian, seperti traktor, pompa air dan alat bantu tanam untuk produksi. Sementara itu, Combine Harvester digunakan untuk menurunkan kehilangan hasil dan percepatan proses panen.

No comments:

Powered by Blogger.