Breaking

Kepala Bappenas: 2 Tahun Lagi Indonesia Jadi Negara Dengan Pendapatan Menengah Atas

Kepala Bappenas: Bambang Brodjonegoro

Ditengah perekonomian ketidakpastian global, perekonomian Indonesia semakin hari terus menunjukkan tanda-tanda positif. Kepala Bappenas RI, Bambang Brodjonegoro menyebut saat Indonesia masih masuk dalam goongan negara dengan pendapatan menengah kebawah. Indonesia akan segera naik kelas menjadi negara dengan berpendapatan menengah ke atas pada tahun 2020.

"Data yang kami ambil menunjukkan paling lambat tahun 2020 indonesia naik kelas menjadi negara berpendapatan menengah ke atas. Upaya yang dilakukan pemerintah dalam 5 tahun mengangkat Indonesia jadi negara berpendapatan negara menengah ke atas," ujarnya dalam acara FMB di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (17/9/2018)

Sejak tahun 2003 lalu, target tersebut  sebenarnya sudah diwacanakan, namum pada era kepemimpinan Presiden Joko Widodo inilah pemerintah terus menggenjot dan terus mendorong agar target tersebut bisa terpenuhi.

Berbagai upaya dan cara pun dilakukan oleh pemerintah untuk mewujudkan target tersebut. Dari mulai mengurangi impor dan mendorong penggunaan produk dalam negeri.

Salah satu langkah maju lagi adalah dengan menjadi tuan rumah annual meeting IMF-World Bank. Menurut Bambang, pertemuan tersebut bisa berdampak baik kepada perekonomian negara.

Dengan event ini Indonesia akan banyak negara yang mengenal Indonesia. Selain itu, investasi yang masuk juga akan semakin besar.

Dalam event ini, seluruh stakeholder penting berkumpul di Indonesia. Dari mulai Menteri Keuangan, Gubernur Bank Sentral hingga para pengusaha dari 189 negara di dunia berkumpul di Bali.

"Saya akan fokus dampak dan manfaat pertemuan ini. Kita fokus ke bali. Sebenarnya IMF-World Bank dikategorikan sebagai mega meetings, dampak dari mega meetings bisa diihat dari efek yang tidak kelihatan, yaitu efek infrastruktur, lalu image effect, ini menunjukkan bahwa Indonesia mampu menjadi tuan rumah mega meetings, yang saya bicarakan lebih kepada efek yang terlihat," jelasnya

No comments:

Powered by Blogger.