Breaking

Indonesia Di Serang Ratusan Ribu TKA Asal China? Cek Kebenarannya !!

Indonesia Di Serang Ratusan Ribu TKA Asal China? Cek Kebenarannya !!


Para pekerja di tanah air dihantui kabar serbuan tenaga kerja asal China yang bekerja di berbagai perusahaan di Indonesia. Isu itu berembus secara masif lewat di berbagai media massa dan media sosial.

Keresahan tersebut bukan dasar. Sebab, di tengah isu tersebut, pemerintah seakan tak peka dengan kondisi para buruh di tanah air. Mereka pun mendesak pemerintah menjelaskan secara gamblang adanya serbuan pekerja asing asal China ke Morowali.

Menanggapi hal tersebut pemerintah secara tegas menampik isu tersebut. Hingga saat ini tidak terjadi serbuan ekspatriat dari negeri tirai bambu tersebut secara besar-besaran ke Indonesia.

Bahkan untuk membuktikannya Kantor Staf Presiden (KSP) mengajak awak media untuk melihat langsung kondisi Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP).

Menurut pemantauan awak media, di wilayah ini memang tidak seperti diisukan bahwa ada ratusan ribu TKA China. Berdasarkan pantauan di lokasi, secara sepintas masih lebih banyak tenaga kerja lokal yang lalu lalang.

Manajemen IMIP menjelaskan TKA China yang bekerja di kawasan ini memang ditempatkan untuk operator khusus, itu pun didampingi oleh tenaga kerja lokal yang diharapkan bisa menggantikan nantinya.

Data perusahaan juga menyebutkan hingga saat ini jumlah TKA China sebanyak 3.121 orang. Sementara jumlah tenaga kerja lokal sebanyak 25.447 orang.

Sementara dari sisi gaji, manajemen IMIP menyatakan bahwa menerapkan tabel gaji yang sama. Besaran gaji pokok pun juga sama. Hanya saja TKA China mendapatkan tunjangan kejauhan dan sering lembur di akhir pekan.

No comments:

Powered by Blogger.